Karena Hidup Itu adalah Pilihan; Freelance atau Karyawan

 

Hidup adalah pilihan. Dalam hidup dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, seperti memilih sekolah atau universitas, pilihan dalam pemilu, dalam memilih pasangan hidup, bahkan pilihan dalam menentukan pesanan di tempat makan. Semua pilihan itu harus diputuskan, dan setiap pilihan yang diambil mempunyai resiko masing – masing. Semua pilihan mempunyai resiko dengan kadarnya masing – masing sesuai dengan prioritas pilihan itu sendiri.

Pekerjaan juga merupakan sesuatu harus dipilih. Atau mungkin pada akhirnya pekerjaan apa yang terpaksa kita pilih karena keadaan memaksa untuk memilih. Tentunya semua pekerjan dipilih dengan resikomya masing – masing. Begitupun dengan keputusan yang diambil untuk menjadi seorang freelance. 

Freelance, merupakan sebuah pilihan yang banyak dilakukan oleh sebagian para karyawan yang bosan dengan rutinitasnya, kecuali rutinitas gajian tiap bulan, itu bukan merupakan bagian yang membosankan.  Salah satu resiko yang dihadapi karyawan adalah fleksibilitas waktu, Rutinitas yang membosankan. Akhirnya capek badan dan pikiran. Tapi adapula yang memang happy – happy aja, atau mungkin ada juga yang dibuat happy – happy .

Hal yang harus diketahui bahwa freelance juga mempunya resiko. Nah, resiko menjadi freelane yaitu punya waktu luang yang bebas. Ini salah satu resikonya. Waktu luang yang bebas kadang jadi kebablasan bagi yang memutuskan untuk menjadi freelane tapi belum tahu apa yang akan dilakukan. Salah satu cara untuk menghindarkan hal itu, bisa direncanakan dahulu apa yang ingin lakukan selepas jadi karyawan, lebih tepatnya pekerjaan freelance apa yang ingin dilakukan. Untuk mendapatkan job freelance saat ini banyak sekali yang bisa ditemukan di internet. Atau bisa juga dengan memanfaatkan koneksi ketika menjadi seorang karyawan.

Menjadi seorang freelance banyak waktu yang bisa digunakan untuk hal lain, sekedar berkumpul dengan keluarga yang jarang sekali dilakukan. Pekerjaan freelance bisa dikerjakan tanpa harus mengorbankan waktu yang banyak yang bisa dimanfaatkan untuk hal berharga lainnya. Karena hal berharga di dunia ini bukan hanya uang yang didapatkan dari rutinitas pekerjaan kita tapi juga keluarga.