Nasi Timbel; Hidangan Indonesia Khas Sunda

 

Sumber : wikipedia.org dan masakankoki.com

Masakan Indonesia merupakan salah satu tradisi kuliner yang sangat kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat dan unik. Kekayaan jenis masakan Indonesia merupakan cerminan keanekaragaman budaya dan tradisi Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, dan menempati peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum. 

Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan rempah-rempah seperti kemiri, cabai,lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan mengunakan teknik memasak menurut bahan, dan tradisi-adat yang dipengaruhi oleh budaya lain yang penyebarannya dahulu melalui perdagangan yang berasal seperti dari India, Tiongkok, Timur Tengah, bahkan Eropa.

Nasi timbel adalah merupakan salah satu ikon dari masakan Sunda. Karena di daerah Sunda sendiri sudah banyak sekali variasi dari nasi timbel itu sendiri. Sebenarnya nasi timbel awalnya merupakan bekal makanan yang disiapkan para petani ketika mereka pergi ke kebun atau ke sawah yang sering disebut sangu timbel yang disantap ketika petani beristirahat. 

Penyajiannya nasi timbel, nasi dibungkus dengan daun pisang yang akan dimakan saat istirahat. Keistimewaan nasi timbel, nasi yang dibungkus tersebut masih mempunyai rasa pulen atau itilah Sundanya mah pukel, tidak keras alias bear meski dibungkus sedari pagi. Lauknya yaitu pepes ikan, empal, ayam atau ikan asin seperti gabus, tawes, japuh yang digoreng atau di bakar. Dan yang tak boleh terlupa adalah lalap serta sambal, dan disantapnya di kebun atau disawah dengan hiliwir angin yang mengejukan. Maknyus pisan.

Sumber : wikipedia.org dan masakankoki.com