Di mana Cipanas itu?

Kantor Pos Indonesia, Sindanglaya

Cipanas, tidak jarang banyak orang yang belum tahu daerah mana sebenarnya itu Cipanas, banyak yang mengira bahwa Cipanas merupakan bagian dari Bogor, dan banyak juga yang mengira Cipanas Garut. Tapi yang penulis maksud adalah Cipanas-Puncak, Cianjur, Jawa Barat.

Secara geografis Cipanas berada di selatan Jakarta, sekitar 103 kilometer dari Jakarta. Berada di bawah kaki gunung Gede dan gunung Pangrango. Secara luas orang-orang Jakarta khusunya menyebut Cipanas itu dengan puncak, padahal nyatanya puncak dan Cipanas merupakan daerah yang mempunyai lokasi masing-masing, puncak ya puncak Cipanas ya Cipanas. Tapi secara umum Cipanas-Puncak begitulah dikenalnya. karena memang secara kewilayahan, Puncak merupakan bagian dari kecamatan Cipanas.

Cipanas yang di tandai merah.  Bantuan pencintraan google maps

Secara de jure Cipanas merupakan sebuah kecamatan yang berada di wilayah kabupaten Cianjur. Sebenarnya dulu Cipanas hanya nama sebuah desa, yang awalnya berada di kawasan kecamatan Pacet, namun terjadi pemekaran yang membagi wilayah kecamatab Pacet dan kecamatan Cipanas.

Bisa dikatakan bahwa Cipanas ini merupakan wilayah paling utara dari Kabupaten Cianjur yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Cianjur Utara ini sendiri terdiri dari beberapa kecematan seperti Kecamatan Sukaresmi yang didaerahny terdapat Taman Bunga Nusantara yang cukup terkenal itu, selanjutnya Kecamatan Pacet, Kecamatan Ciaklong Kulon, Kecamatan Cugenang, dan Kecamatan Cipanas itu sendiri. Dan salah satu yangterkenal dari Cipanas adalah Istana Kepresidenan Cipanas, Istana Presiden Republik Indonesia yang berada di Cipanas,

Letak geografis yang dikelilingi dengan pegunungan, menjadikan Cipanas sasaran berwisata, khususnya ketika musim libur sekolah dan juga akhir pekan. Cukup banyak juga tujuan wisata di Cipanas, dan juga Vila-vila dan hotel tentunya. Bisa dikatan juga Cipanas merupakan kota kecil tujuan wisata. Silahkan lha mampir ke Cipanas kalau kebetulan melintas.