Dari Air dan Panas, Jadilah Cipanas

Bangunan Utama di Istana Cipanas (Gambar Pribadi)

Cipanas, apa yang terlintas di benak pembaca ketika mendengar kata Cipanas. Sebagian pasti terpikir dengan air panas. Ya, Cipanas merupakan sebuah nama kota yang asal muasal katanya berasal dari kata Cai dan panas. Kata tersebut diambil dari dua buah kata sunda yang yang berarti air dan panas. Nah kenapa dinamakan dengan Cipanas, pasti pembaca penasaran apa alasannya dinamakan Cipanas, padahal di daerah Cipanas ini udaranya dingin.

Cipanas, asal muasal daerah ini dinamakan Cipanas, bermula dari ditemukannya sumber air panas alami ketika masa kolonial Belanda, dan bahkan juga ada yang menyebutkan sebelum Belanda masuk ke daerah Cipanas pun, sumber air panas tersebut sudah ditemukan oleh masyarakat sekitar. Dan konon katanya sebelum daerah ini populer dulu Cipanas disebut dengan Sindangaya bukan Cipanas.

Nah, beberapa tahun kemudian, sekitar tahun 1742 datang rombongan Belanda yang melakukan perjalan dari Batavia menyusuri darah pegunungan dan sampailah di daerah Cipanas. Dan selanjutnya mendengar kabar dari masyarakat bahwa di sekitar daerah tersebut terdapat sumber air panas alami. Kemudian seorang Belanda yang bernama Gustav Willem Baron vam Imhof berinisiatif untuk membangun sebuah puri beristirahatan di daerah Cipanas tersebut dengan alasan karena ada air panas alamnya, alih-alih untuk memanfaatkan air panas tersebut.

Mungkin, pembaca sekarang bertanya di mana sekarang air panas alam tersebut berada? Nah sekarang air panas alam tersebut berada di dalam kompek Istana Kepresidenan Cipanas, karena banguan yang dulu di bangun atas inisiatif Baron Van imhoff tersebut, yang dulu merupakan sebuah puri peristirahtan kini menjadi salah satu Istana kepresidenan Republik Indonesia.

Jadi sekarang pembaca sekalian sudah tidak penasaran lagi, kenapa Cipanas dinamakan dengan Cipanas.