Hal yang Bisa Dilakukan Pengguna Komputer untuk Kelestarian Lingkungan

 

Semua bisa berperan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh pengguna komputer menjaga kelestarian lingkungan? 

Komputer banyak sekali digunakan di jaman yang sekarang semakin modern, baik berupa komputer desktop maupun laptop. Hampir setiap orang menggunakan komputer, baik pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, pedagang dan masih banyak yang lainnya. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para pengguna komputer untuk berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan berupaya menggunakan laptop daripada komputer desktop. Karena konsumsi listrik komputer desktop lebih tinggi dibandingkan dengan laptop. Namun bagi yang memang sudah terlanjur memiliki komputer desktop, selalu pastikan komputer dalam keadaan mati dan lepas kabel dari colokan listrik apabila tidak digunakan. 

Selanjutnya pasang mode sleep apabila sedang istirahat sejenak atau kegiatan singkat lainnya saat menggunakan komputer. Ingat ! jangan menggunakan screen saver di komputer karena hal itu juga mengkonsumsi daya listrik yang cukup tinggi. 

Faka menyebutkan bahwa konsumsi listrik komputer desktop berkisar antara 60 – 250 watt, sedangkan laptop hanya 15 – 45 watt saja. Namun apabila menggunakan screen saver daya listrik yang digunakan sama dengan kumputer desktop, sedangkan mode standby menggunakan listrik 1 – 6 watt saja –dari Majalah Greeners.

Nah, ayo ubah mode screen saver komputernya menjadi mode sleep atau standby.