Home » Halo Indonesia » 10 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Menggunakan Google

10 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Menggunakan Google

Google, siapa sih yang tidak tahu the master of knowledge saat ini. Kalau saat sekolah SD Kang NC itu selalu bertanya pada RPUL dan RPAL, sekarang Kang NC selalu bertanya sama mbah Google. Semua orang bisa akses google (asalkan ada internet tentu saja) dan semua bisa cari apa saja pada google, kalo nggak di blokir sama Kemenkominfo tentu saja.

Google

Nah, hal hal berikut merupakan 10 hal yang harus sobat Cipanas Line ketahui tentang apa saja yang bisa dilakukan ketika sobat Cipanas Line googling, versi Kang NC.

1. Cari frasa yang diinginkan dengan menggunakan petik dua (“)

Pernah nggak sih? Nyari sesuatu yang umum banget, sampe pas di cari itu banyak banget hasil yang nggak relevan? Pasti pernah dong, nah sobat Cipanas Line tau nggak ternyata google memperlakukan saya cari sesuatu dan “saya cari sesuatu” itu dengan berbeda? Artinya, ketika Sobat Cipanas Line mencari kalimat saya cari sesuatu, Google akan mencari kata saya, cari, dan sesuatu kemudian mengumpulkan hasilnya sesuai dengan rangking dari Google sendiri, dan ketika mencari “saya cari sesuatu”, Google akan lebih fokus untuk mencari kalimat “saya cari sesuatu” pada artikel, alhasil pencarian dengan tanda petik akan lebih relevan dengan apa yang kita inginkan!

2. Cari kata yang nggak diketahui dengan menggunakan tanda bintang (*)

Pernah nggak sih? Tahu tahu inget sebait lirik yang entah benar atau tidak, terus munculah siluet masa lalu dengan mantan, halah. Nah, sobat Cipanas Line tau nggak sih, bahwa kita bisa pake tanda bintang untuk hal itu? Nggak percaya? Coba deh cari di google dengan kata kunci “kemesraan * berlalu”, pasti ketemu!

3. Eliminasi hasil pencarian dengan menggunakan minus (-)

Sobat Cipanas Line tahu lagu madu dan racun? (kelihatan banget kang NC tua nya, hahaha), nah sekarang ketika Sobat Cipanas Line ingin tahu siapa saja yang pernah menyanyikan lagu tersebut? Coba gunakan minus untuk mengeliminasi pencarian, contohnya “madu dan racun” -jrocks.

4. Pencarian pada website tertentu? Gunakan site:

Sobat Cipanas Line pernah ingin menemukan sebuah kata kunci di sebuah situs, tapi malas menggunakan fitur pencarian nya, karena lama / tidak berfungsi dengan baik? Google punya jalan keluarnya, di laman pencarian, cukup ketik “site:website.com pencarian“ tanpa tanda petik ya, contohnya, ‘site:facebook.com “kang ence”’.

5. Pencarian website serupa? Gunakan related:

Sobat Cipanas Line punya Blog? Pakai apa? Blogger atau WordPress? Pengen tahu situs apa aja yang menyediakan fungsi yang hampir mirip? Gunakan “related:website.com” tanpa tanda petik. Contohnya, “related:google.com

Itulah 5 dari 10 hal yang bisa membantu pencarian sobat Cipanas Line dalam mencari di google, untuk nomor 6-10, tunggu tulisan Kang NC selanjutnya ya!

Nah sebelum menggunakan Google silahkan bisa lihat dulu tulisan Kang NC Tips Berselancar Dengan Google Chrome Tanpa Mouse

Stay tune.  ~