Home » Halo Indonesia » What Do You Think About Cipanas?

What Do You Think About Cipanas?

Cipanas, apa yang kamu pikirkan tentang Cipanas? Dalam suatu kesempatan saya menemui salah satu siswi SMAN 1 Sukaresmi dan bertanya tentang suatu hal.

“What do you think about Cipanas?”

Ketika kita mendengar kata Cipanas, biasanya ada dua Cipanas yang muncul di ingatan, yaitu Cipanas Garut, dan Cipanas Puncak Cianjur. Diawal pembicaraan dengan fani, siswi SMAN 1 Sukaresmi yang saya temui, saya bertanya jawaban apa yang diberikan ketika fani di Jakarta dan ada orang yang bertanya di mana rumahnya, dan Fani mengatakan saya akan jawab Puncak, meskipun sebenarnya tempat tinggal Fani itu di Cimacan Kecamatan Cipanas.

Bisa dikatakan orang lebih mengenal puncak daripada Cipanas, kebanyakan orang mengenal Cipanas hanya tentang Istana Cipanasnya dan Puncaknya saja, dan kadang itu pun banyak orang yang mengira bahwa Cipanas Puncak bagian dari wilayah Bogor, nyatanya Cipanas merupakan kecamatan di wilayah kabupaten Cianjur. Sepertinya akan perlu sekali untuk menambahkan kata Puncak dan Cianjur di belakang kata Cipanas untuk membedakannya dengan Cipanas Garut.

Cipanas, kota sejuta kenangan begitu kata orang. Fani menyebutkan Cipanas merupakan sutau kota kecamatan yang secara umum bisa dikatakan sebagai daerah sedang berkembang, kota yang terkenal dengan Istana Cipanasnya, Taman Bunga Nusantara serta kebun raya Cibodasnya, yang sayangnya hanya baru itu saja yang paling dikenalnya.

Potensi Cipanas

Cipanas mempunyai sumber daya alam yang potensial. Kita tahu daerah di sekitar lereng Gunung Gede, selain banyak tempat yang menjadi tujuan wisata berbasis alam banyak juga daerah sekitar Cipanas yang memiliki tanah yang subur. Seperti yang dikatakan Fani, daerah Cipanas mempunyai potensi alam yang bagus dengan banyaknya tempat wisata dan juga lahan pertanian.

Mungkin tidak berlebihan jika saya katakan kalau Cipanas merupakan daerah tujuan wisata dengan  ke-khas-an potensi alamnya, seperti pendapat Fani di atas bahwa Cipanas mempunyai tempat wisata yang bagus seperti Kebun Raya Cibodas juga Taman Bunga Nusantara.

Berkaca dengan kota wisata yang lain seperti halnya Malang dan Jogja, ada keunikan dengan daerah tersebut. Kalau kita telaah Jogja, selain beberapa potensi wisata alami seperti pantai, mereka mempunyai tujuan wisata budaya yang menjadi ciri khas mereka dan menjadi suatu ciri dan Identitas jogja bisa dikatakan Joga bisa menjadikan budaya lokal sebagai gravitasi tersendiri untuk menarik wisatawan datang ke Jogja. Dengan berpandangan hal itu saya melemparkan pertanyaan kepada Fani, apa yang menjadi ciri khas khususya dibidang sosial budaya yang notabene Cipanas ini merupakan daerah yang kebanyakan orang sunda, atau karakteristik dari Cipanas yang menjadikan identitas Cipanas?

Lumayan agak lama saya untuk mendapatkan jawaban pertanyaan saya yang satu ini, dan seperti yang saya duga Fani berpendapat bahwa belum ada sestua hal yang menjadi ciri atau identitas yang merupakan ciri dan karakter yang menjadi identitas Cipanas selain yang disebutkan tadi di atas.

Kurang lebih itulah yang ada dipikiran Fani, Siswa SMAN 1 Sukaresmi ketika ditanya “What do you think about Cipanas?”

Nah apa yang kamu pikirkan tentang Cipanas?

Ayo berbagi dengan saya tentang yang kamu pikirkan tentang Cipanas. Tulis apa yang kamu pikirkan tentang Cipanas dan kirim ke zazatzenalmutakin@gmail.com , jangan lupa lampirkan biodata dan juga foto diri kreatifnya.

IDS- Interest : International Development Studies; Poverty, Economic Development, Agriculture; International Relation; History