Home » Info » Cipanas Puncak Cianjur dan Cipanas Garut

Cipanas Puncak Cianjur dan Cipanas Garut

Cipanas Puncak, ada beberapa nama Cipanas yang penulis tahu saat ini. Karena ada beberapa nama Cipanas ada beberapa orang pula yang kebingungan ketika mendengar nama Cipanas. Cipanas mana? Dan ada jua yang tidak mengenal Cipanas. Cipanas itu di mana?

Cipanas Puncak, Berada di utara Kabupaten Cianjur dan berbatasan langsung dengan kabupten Bogor. Dan yang cukup absurd banyak yang mengira kalau Cipanas adalah bagian dari wilayah Bogor. Daerah Cipanas puncak ini merupakan sebuah kecamatan di wilayah Kabupaten Cianjur, berada 103 km dari ibukota, Jakarta. Entah kenapakadang biasa disebut dengan kota, meskipun secara administratif bukan sebuah kota, tapi masyarakat dan pendatang lebih mengenal dengan sebutan kota.

Jalan Raya Cipanas
Jalan Raya Cipanas Puncak

Cipanas, berdekatan dengan beberapa kecamatan seperti kecamatan Pacet, Sukaresmi, Cugenang, dan Cikalong Kulon, termasuk kecamatan Cisarua Bogor. Ada yang unik ketika orang berbicara tentang Cipanas. salah seorang ditanya oleh orang yang baru di kenalnya, “bumi na di mana kang?” lalu dijawab “Cipanas” dilanjutkan “Cipanas na palih mana?” dan di jawab ” eta di Cijedil”

Entah apa alasan orang tersebut mengaku tinggal di Cipanas, padahal tepatnya Cijedil itu daerah kecamatan Cugenang bukan Cipanas. Dan itu pun terjadi daerah kecamatan lainnya , termasuk Pacet dan Sukaresmi.

“Bumi na di mana?”

“Cipanas na palih mana?”

“eta di Pacet”

Puncak sendiri sebenarnya merupakan salah satu kampung yang ada di kecamatan Cipanas. Dan sepertinya Puncak lebih populer namanya dikhalayak penikmat udara segar perkebunan teh. Orang dari daerah Jakarta dan sekitarnya suka mengatakan liburan ke Puncak, nyatanya hanya sampai daerah Cibulan, Tugu, ataupun Cisarua dan paling banter ya perkebunan teh.

Di Cipanas Puncak, Kabupaten Cianjur  ada satu ikon bangunan bersejarah yang menjadi kebanggaan masyarakat Cipanas yaitu Istana Kepresidenan Cipanas, meskipun banyak yang mengira kalau Istana Kepresidenan Cipanas ini berada diwilayah Bogor. Bangunan bersejarah yang sekarang difungsikan sebagai tempat peristirahatan ataupun kantor presiden RI  ini menghadap ke jalan raya Jakarta – Bandung, jadi yang melintas jalan tersebut bisa melihat kemegahan bangunan bersejarah di Cipanas yang merupakan salah satu dari lima Istana Kepresidenan yang ada di Indonesia.

Cipanas Garut merupakan wilayah di daerah kabupaten Garut. Cipanas garut mempunyai objek wisata buatan Taman rekreasi dan kolam renang air panas cipanas tepatnya terletak di Kec. Tarogong yang tanahnya dimiliki oleh Pemda Garut berikut Hotel Cipanas Indah adalah dengan luas 9.335 m2. Kontur lahan taman rekreasi tersebut secara umum berbukit-bukit, kemiringan lahan agak curam. Taman rekreasi yang ada di Cipanas Garut ini, yang menjadikan Cipanas Garut populer, secara administrasi di sebelah utara berbatasan dengan Desa Pasawahan/Kampung Dukuh, di barat berbatasan dengan Kecamatan Tarogong, di selatan Kec. Bayongbong dan di timur dengan Kec. Tarogong.

Asal muasal nama kedua daerah tersebut bermula dari sumber air panas,  ke dua Cipanas tersebut mempunyai sumber air panas. Cipanas Puncak Cianjur mempunyai air panas dan Cipanas Garut pun demikian. Perbedaannya air panas di garut bisa dinikmati secara umum oleh masyarakat luas dengan dibuat menjadi pemandian umum. Sedangkan di Cipanas Puncak Cianjur air panas ada di dalam Istana Kepresidenan Cipanas yang hanya bisa dilihat dan di rasakan apabila kita berkunjung ke Istana Presiden Cipanas.

Gedung Air Panas
Gedung Pemandian Air Panas, Istana Kepresidenan Cipanas

Dan tidak dipungkiri lagi sebenarnya ketika mendengar nama Cipanas, banyak orang yang mengira adalah Cipanas Garut. bahkan sampai penulis memposting tulisan ini pun kalau kita searching di google dengan kata kunci Cipanas, maka hasil pencarian yang banyak muncul adalah Cipanas Garut. Bisa di katakan berdasarkan rating google untuk kata Cipanas, Cipanas garut urutan pertama dan Cipanas Puncak urutan kedua.

Tak mungkinlah harus berebut nama antara Cipanas Puncak Cianjur dan Cipanas Garut. Cipanas Garut punya keunikan dengan segala ke khasannya dan mungkin juga dengan domba Garutnya. Dan Cipanas Puncak Cianjur pun punya pembeda dengan Puncaknya, gunung Gede dan Gunung Pangrangonya, Bubur Ayamnya atupun gemblong ibu Jujunya beserta combro haneutnya  dan segala potensi wilayah serta Istana Kepresidenannya.

Jadi Cipanas mana yang dimaksud? Cipanas Puncak atau Cipanas Garut? Coba cek google.

 

IDS- Interest : International Development Studies; Poverty, Economic Development, Agriculture; International Relation; History